Kamis, 27 November 2014

Inginku Meneladaninya ^_^

Sudah lama. . . entah berapa lama diri ini begitu mengagumi keempat wanita muslimah yang suppeeeeeerrrrr ini. . .
Ia. . . Empat ummi inspirasi dalam hidup. . .
Empat ummi tauladan. . .
Dan empat ummi yang patut kita cemburui karna keberadaannya di dunia ini. . . iyya, cemburu untuk dapat menyerupai beliau baik dalam keseharian maupun peribadatannya kepada Allah SWT. . .
Keempat wanita muslimah serta ummi tauladan ini ialah
Siti khadijah r.a. binti Khuwailid
Aisyah, r.a. binti Abu Bakar
Siti Fatimah binti Rasulullah Muhammad SAW, dan
Al-Khansa binti Amru (ibunda para syuhada)

Ummahatul mukminin... Siti Khadijah r.a. begitu hormat dan taat terhadap suaminya. Rasulullah pun merasakan kenyamanan sebagai seorang suami dan kepala rumah tangga.
Aku ingin mencintai seperti Siti Khadijah, agar dapat kuberjuang di jalanMu dan mendukung perjuangan kekasih hatiMu seperti Siti Khadijah yg mendukung jalan dakwah Rasulullah...

Ummul mukminin... Aisyah r.a. binti Abu Bakar merupakan seorang yang selalu siap memberi dorongan dan motivasi kepada suami tercinta (Rasulullah SAW) di tengah beratnya medan dakwah dan permusuhan dari kaumnya. Aisyah juga tampil menjadi seorang penuntut ilmu yang senantiasa belajar dalam madrasah nubuwwah, beliau menimba ilmu langsung dari sumbernya. Beliau termasuk dalam catatan orang-orang yang banyak meriwayatkan hadits dan memiliki keunggulan dalam berbagai cabang ilmu, di antaranya ilmu fikih, kesehatan, dan syair Arab.
Aku ingin seperti Aisyah. . . yang shalehah, cerdas, dan begitu setia berada di samping suaminya. . . Aku pun ingin mencemburui seperti Aisyah. Cemburu yang tertata, namun tetap indah dirasa bersama. . . seperti apa itu??? :)

Sayyidah Fatimah Az Zahra biti Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok wanita tauladan yang menempati posisi sebagai penghulu semua perempuan ahli surga atau penghulu semua isteri orang-orang yang beriman. Beliau pun sangat dipandang bukan hanya karena berasal dari keturunan Rasulullah, melainkan karena keimanan dan kearifan perilaku yang ia miliki. Ia adalah contoh manusia teladan, seorang istri dan ibu yang penuh pengorbanan. Ia adalah contoh manusia sempurna yang seluruh wujudnya penuh dengan cinta, iman, dan makrifah. Cinta yang dimiliki oleh Siti Fatimah pun merupakan cinta yang suci kepada suaminya Ali bin Abi Thalib. Fatimah mampu menjaga cinta itu tetap suci dan pada akhirnya Sang Maha Pemilik Hati memberikan cintanya menjadi halal kepada ia yang benar-benar dicinta. 
Aku ingin seperti Siti Fatimah yang mampu menjaga kesucian cintanya, agar dapat kuhadiahkan rasa ini kepada ia yang benar-benar dituliskan bersamaku. Aku ingin menjadi seperti Siti Fatimah yang mampu menjadi tauladan bukan hanya bagi anak-anaknya, namun juga bagi seluruh manusia, terkhusus para wanita sejak zaman kehidupannya hingga sekarang.

Al-Khansa Binti Amru atau yang biasa dikenal sebagai Ibunda Para Syuhada merupakan  wanita penyabar, pandai bersyair, dan dapat membimbing keempat puteranya dalam beribadah kepada Allah sehingga pada akhirnya keempat putera tersebut menjadi para syuhada karena berjuang di jalan Allah. 
Aku ingin seperti Al-Khansa, agar dapat kutuangkan segala rasa, pikiran, dan kritikku dalam syair yang indah bukan hanya karena wujudnya, melainkan karena manfaat akan keberadaan syair itu pada akhirnya. Aku ingin seperti Al-Khansa yang dapat menjadi pembimbing bagi putera-puteriku maupun bagi anak-anak didikku, agar dapat kutuntun mereka berjalan tepat di jalanMu dan dapat berjuang membela agama Islam kelak.

Keempat wanita tauladan inilah yang menjadi inspirasiku untuk selalu memperbaiki ruhiyah dan diri ini agar semakin mendekatkan diri pada Sang Khalik, Raja dari segala Raja, pemilik alam semesta Allah SWT. . . Semoga keutamaan dan ketauladanan dari keempat wanita ini dapat menyinari dan merasuk dalam raga ini. . . Aamiin ya Rabbal 'alamiin. . .

^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar